√ 15+ Contoh Surat Lamaran Kerja Guru Terlengkap 2020

Di kesempatan hari ini Saungsurat akan memberikan Contoh Surat Lamaran Kerja Guru terlengkap, mulai dari guru paud, guru tk, guru sd, guru smp dan seterusnya yang barangkali nantinya bisa anda gunakan sebagai refrensi dalam menulis surat lamaran kerja.

Guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa, mungkin anda juga sudah pernah mendengar hal ini. Guru bersusah payah mengajari dan mendidik para muridnya agar lebih baik dan pintar tanpa meminta bayaran. Dulu, pekerjaan guru mungkin banyak di hindari namun tidak dengan sekarang, dulu upah atau gajih menjadi seorang guru sangatlah sedikit bahkan bisa di katakan untuk membiyayahi keluarga tidaklah cukup.

Namun sekarang Pemerintah lebih memperhatikan kesejahteraan para tenaga kerja pendidikan yang sangat mulia tersebut. Pemerintah juga sudah membuat program untuk memberikan sertifikasi bagi para guru yang berhak mendapatkan, sehingga mereka para guru bisa hidup dengan lebih baik di banding dengan masa dulu.
Note : Daftar ISI di bawah ini adalah daftar yang mencakup semua isi artikel yang ada pada postingan ini, sengaja kami sediakan untuk mempermudah anda dalam menemukan contoh surat lamaran kerja guru sesuai keinginan. 
Contoh Surat Lamaran Kerja Guru
  • Contoh Surat Lamaran Kerja Guru


    Surat Lamaran Kerja Guru merupakan surat yang di gunakan untuk melamar sebuah pekerjaan di bidang instansi lembaga pendidikan. cara menulis surat lamaran kerja sebagai guru tidaklah jauh berbeda dengan membuat surat lamaran kerja umum lainnya, hanya saja di sini sudah sangat jelas pekerjaan yang akan di lamar yaitu sebagai Guru.

    Dalam menulis surat lamaran kerja juga harus lengkap dengan biodata atau daftar riwayat hidup, mengunakan bahasa yang formal dan santun, serta documen pendukung lainnya. apabila anda berkeinginan menjadi seorang guru dan hendak membuat surat lamaran namun belum memiliki refrensi, di bawah ini kami telah memberikan berbagai contoh surat lamaran kerja guru lengkap seperti yang sudah kami katakan di atas.

    Contoh Surat Lamaran Kerja Guru PAUD

    Jika anda menyukai anak anak dan hendak ingin menjadi seorang guru untuknya, anda bisa menjadi seorang guru paud, dan di bawah ini adalah contoh surat lamaran kerja guru paud yang bisa and jadikan refrensi.

    Lampung, 01 Januari 2020

    Perihal : Lamaran Pekerjaan

    Yth, Bapak/Ibu Kepala Sekolah
    Yayasan PAUD Nurul Fikri
    di- Tempat

    Dengan hormat,

    Berkenaan dengan informasi lowongan pekerjaan yang terdapat di harian Banjarmasin Post tentang lowongan pekerjaan untuk guru PAUD pada Bapak/Ibu, maka untuk itu saya ingin mengajukan permohonan lamaran pekerjaan untuk menempati posisi tersebut di atas.

    Adapun biodata singkat saya adalah sebagai berikut :

    Nama : Dewi Sartika
    Tempat/Tgl Lahir : Banjarmasin/20/09/1994
    Jenis Kelamin : Perempuan
    Agama : Islam
    Pendidikan Terakhir : S-1 Pendidikan Guru
    Alamat : Jl. Perjuangan No. 123 Banjarmasin
    Telp. : 08123456xxxx

    Adapun alasan saya untuk mengajukan lamaran di posisi tersebut ialah minat saya terhadap pendidikan dini pada anak-anak serta sesuai dengan pendidikan yang telah saya tempuh. Untuk mendukung lamaran saya, saya telah melampirkan beberapa dokumen sebagai berikut :

    Foto copy sah ijazah terakhir 1 lembar,
    Photocopy transkip nilai terakhir 1 lembar,
    Pas foto hitam putih terbaru ukuran 3 x 4 3 lembar,
    Fotocopy Kartu Pencari Kerja (Kartu Kuning) dilegalisir pejabat yang bertugas,
    Surat keterangan sehat 1 lembar,
    Photocopy identitas diri/KTP 1 lembar,
    Daftar riwayat hidup 1 lembar.

    Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat dengan sebaik-baiknya. Besar harapan saya agar Bapak/Ibu dapat menerima saya menjadi guru tetap di Yayasan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian dan kerjasamanya, saya mengucapkan terima kasih.

    Hormat Saya,

    Dewi Sartika

    Contoh Surat Lamaran Kerja Guru Honorer

    Tidak semua guru adalah pns, adapula guru honorer. sebelum anda lanjut menjadi seorang guru pns, anda bisa mengawali karir menjadi guru honorer terlebih dulu, berikut contoh surat lamaran kerja nya.

    Lampung, 01 Januari 2020

    Perihal: Lamaran Pekerjaan

    Yth, Kepala Sekolah Dasar Islam Terpadu
    di- Tempat

    Dengan hormat,

    Dengan ini saya membuat permohonan lamaran pekerjaan untuk menjadi guru honorer di sekolah yang Bapak/Ibu pimpin, adapun data pribadi saya adalah sebagai berikut :

    Nama : Muhammad Ilham
    Tempat/Tgl Lahir : Kupang/20/09/1994
    Agama : Islam
    Pendidikan Terakhir : S 1 Pendidikan Matematika
    Alamat : Jl. Perjuangan No. 123 Kupang
    Telp : 081234567890
    Berdasarkan keterangan di atas, saya bermaksud melamar pekerjaan untuk menjadi guru honor di sekolah yang Bapak/Ibu pimpin sekarang ini. Sebagai bahan pertimbangan berikut saya lampirkan :

    Fotocopy KTP I lembar
    Pas photo 3 x 4 Sebanyak 1 lembar
    Ijazah 1 lembar
    Transkrip nilai 1 lembar
    Akta VI 1 lembar
    Daftar riwayat hidup 1 lembar

    Demikian surat permohonan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu saya mengucapkan terima kasih.

    Hormat Saya,

    Muhammad Ilham

    Contoh Surat Lamaran Kerja Guru TK

    Lampung, 01 Januari 2020

    Perihal: Lamaran Guru TK

    Kepada Yth:
    Bapak/Ibu Kepala Sekolah Tk Himpaudi Lampung
    di Tempat

    Dengan hormat,

    Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

    Nama : Intan Permatasari
    Tempat/Tgl Lahir : Solo/20/09/1994
    Agama : Islam
    Pendidikan : S-1 Jurusan Matematika
    Alamat : Jl. Perjangan No. 123 Solo
    Telp : 081234567890
    Dengan ini mengajukan lamaran pekerjaan sebagai Guru di sekolah yang Bapak/Ibu pimpin.

    Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:

    Curriculum Vitae (CV) 1 Lembar
    Foto Copy Transkrip Nilai 1 Lembar
    Foto Copy Ijazah Terakhir 1 Lembar
    Pas Foto ukuran 3 x 4 4 Lembar
    Foto Copy SKCK 1 Lembar
    Foto Copy KTP 1 Lembar
    Demikian Surat lamaran ini saya perbuat. Besar harapan saya untuk diterima mengajar di sekolah yang Bapak/Ibu Pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

    Hormat Saya,

    Intan Permatasari

    Contoh Surat Lamaran Kerja Guru SD

    Lampung, 01 Januari 2020

    Perihal: Lamaran Guru SD

    Kepada Yth:
    Bapak/Ibu Kepala Sekolah SDN 12 Lampung
    di Tempat

    Dengan hormat,

    Dengan ini saya membuat surat permohonan lamaran pekerjaan untuk menjadi guru sd di sekolah yang Bapak/Ibu pimpin, adapun data pribadi saya sebagai berikut :

    Nama : Aulia Sinta
    Tempat/Tgl Lahir : Jakarta/20/09/1994
    Agama : Islam
    Pendidikan Terakhir : S-1 Jurusan Pendidikan
    Telp : 081234567890
    Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

    Foto Copy Ijazah Legalisir 1 Lembar
    Foto Copy Transkrip Nilai 1 Lembar
    Curriculum Vitae (CV) 1 Lembar
    Foto Copy KTP 1 Lembar
    Foto Copy SKCK 1 Lembar
    Pas Foto ukuran 3 x 4 3 Lembar dan 4×6 3 Lembar

    Demikian Surat lamaran ini saya perbuat. Besar harapan saya untuk diterima mengajar di sekolah yang Bapak/Ibu Pimpin. Atas perhatian nya saya ucapkan terima kasih.

    Hormat Saya,

    Aulia Sinta

    Contoh Surat Lamaran Kerja Guru SMP

    Lampung, 01 Januari 2020

    Perihal: Lamaran Kerja Guru SMP

    Kepada Yth:
    Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Lampung
    di Purbalingga

    Dengan hormat,

    Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

    Nama : Anton Sanjaya
    Tempat/Tgl Lahir : Purbalingga/20/09/1994
    Pendidikan : S-1 Pendidikan Guru
    Alamat : Jl. Perjuangan No. 123 Purbalingga
    Telp : 081234567890
    Dengan ini mengajukan permohonan lamaran pekerjaan untuk menjadi tenaga pengajar Honorer di sekolah yang Bapak/Ibu pimpin.

    Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:

    Pas foto 3 x 4 cm 4 Lembar
    Pas foto 4×6 cm 4 Lembar
    Fotokopi Ijazah Terakhir yang telah dilegalisir 1 Lembar
    Fotokopi Transkip Nilai yang telah dilegalisir 1 Lembar
    Daftar Riwayat Hidup 1 Lembar
    Surat Keterangan Catatan Kepolisian ( SKCK ) 1 lembar
    Fotokopi KTP 1 Lembar

    Demikian Surat permohonan ini saya sampaikan. Besar harapan saya untuk diterima mengajar di sekolah yang Bapak/Ibu Pimpin. Atas perhatian Bapak/ Ibu saya mengucapkan terima kasih.

    Hormat Saya,

    Anton Sanjaya

    Contoh Surat Lamaran Kerja Guru SMA

    Lampung, 01 Januari 2020

    Kepada Yth,
    Bapak/Ibu Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Lampung
    di – Tempat

    Dengan hormat,

    Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

    Nama : Indra Permana
    Tempat/Tgl Lahir : Banda Aceh/20/09/1994
    Agama : Islam
    Pendidikan Terakhir : S-1 Pendidikan Guru
    Telp. : 081234567890
    Dengan ini mengajukan permohonan lamaran pekerjaan untuk menjadi Guru Honor di sekolah yang Bapak/Ibu pimpin.

    Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

    Foto Copy Ijazah Terakhir Legalisir 1 Lembar
    Foto Copy Transkip Nilai Legalisir 1 Lembar
    Daftar Riwayat Hidup 1 Lembar
    Foto Copy KTP 1 Lembar
    Pas Poto ukuran 3 x 4 3 Lembar dan 4×6 1 Lembar

    Demikian Surat lamaran ini saya perbuat. Besar harapan saya untuk diterima mengajar di sekolah yang Bapak/Ibu Pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

    Hormat Saya,

    Indra Permana

    Contoh Surat Lamaran Kerja Guru Yayasan


    Anda tentu sudah tahu mengenai sekolah negeri, yakni sekolah yang didirikan oleh pemerintah. Namun sekarang ini sudah banyak sekolah yayasan di Indonesia, yakni sekolah yang didirikan oleh pihak swasta, namun tentunya dengan persetujuan dari pemerintah. Nah jika anda ingin melamar pekerjaan guru yayasan bisa lihat contoh surat malaran kerja di bawah ini.

    Lampung, 01 Januari 2020

    Kepada Yth,
    Kepala Yayasan SMK Lampung
    di Tempat

    Dengan hormat,

    Sehubungan dengan informasi yang saya dapatkan tentang penerimaan tenaga pengajar baru, maka dari itu saya mengajukan lamaran untuk bergabung di lembaga yang Bapak/Ibu pimpin sesuai dengan kriteria yang saya miliki.

    Untuk itu saya cantumkan biodata singkat saya sebagai berikut :

    Nama : Anton Jaya
    Tempat/Tgl Lahir : Banten/20/09/1994
    Jenis Kelamin : Laki – Laki
    Pendidikan Terakhir : S – 1 Pendidikan Guru
    Alamat : Jl. Perjuangan No. 12 Banten
    Telp : 08123456789
    Sebagai bahan pertimbangan dengan ini saya sertakan beberapa dokumen ter lampir:

    Photocopy Akta 1 Lembar
    Photocopy ijazah terakhir legalizir 1 lembar
    Photocopy transkrip nilai 1 lembar
    Fotocopy KTP 1 lembar
    Pas foto terbaru berwarna 3×4 4 lembar

    Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Saya berharap Bapak/Ibu berkenan untuk memberikan kesempatan wawancara secara langsung kepada saya untuk lebih mengetahui tentang kompetensi saya di bidang yang saya telah tekuni.

    Atas perhatian dan kesempatan yang Bapak/Ibu berikan, saya ucapkan banyak terima kasih.

    Hormat Saya,

    Anton Jaya

    Contoh Surat Lamaran Kerja Guru Berdasarkan Iklan

    Lampung, 01 Januari 2020

    Perihal : Lamaran Pekerjaan

    Kepada Yth:
    Kepala Sekolah SMPN 12 Lampung
    Di Tempat

    Dengan Hormat,

    Berkenaan dengan informasi lowongan pekerjaan yang terdapat di harian Banjarmasin Post tentang lowongan pekerjaan untuk guru SMA pada sekolah yang Bapak/Ibu pimpin, maka untuk itu saya ingin mengajukan permohonan lamaran pekerjaan untuk menempati posisi tersebut di atas.

    Nama : Andini Rasti
    Tempat/Tgl Lahir : Belitung/20/09/1994
    Agama : Islam
    Pendidikan Terakhir : S – 1 Pendidikan IPS
    Alamat : Jl. Perjuangan No. 123 Belitung
    Telp : 081234566789
    Berdasarkan keterangan di atas, saya bermaksud melamar pekerjaan untuk menjadi guru honorer di sekolah yang Bapak / Ibu pimpin sekarang ini. Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan :

    Daftar Riwayat Hidup 1 lenmbar
    Salinan Ijazah S1 1 lembar (legalisir)
    Salinan Transkrip Nilai (legalisir)
    Salinan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
    Akta VI 1 lembar
    Pas Photo 3×4 3 lembar

    Demikian surat permohonan ini saya buat dengan sebenar-benarnya, atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak / Ibu saya ucapkan terima kasih.

    Hormat Saya,


    Andini Rasti

    Contoh Surat Lamaran Kerja Guru Singkat

    Lampung, 01 Januari 2020

    Perihal: Lamaran Pekerjaan

    Kepada Yth,
    Yth Kepala Sekolah Islam Terpadu
    Di Tempat

    Dengan Hormat,

    Dengan ini saya membuat permohonan lamaran pekerjaan untuk menjadi guru honor di sekolah yang Bapak/Ibu pimpin, adapun data pribadi saya sebagai berikut :

    Nama : Indah Pertiwi
    Jenis Kelamin : Perempuan
    Pendidikan Terakhir : S – 1 Pendidikan Guru
    Telp : 081234567890
    Berdasarkan keterangan di atas, saya bermaksud melamar pekerjaan untuk menjadi guru honor di sekolah yang Bapak/Ibu pimpin sekarang ini. Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan :

    Foto Copy KTP I Lembar
    Pas Photo 3 x 4 Sebanyak 1 Lembar
    Ijazah  1 Lembar
    Transkrip Nilai 1 Lembar
    Akta VI 1 Lembar
    Daftar Riwayat Hidup 1 Lembar

    Demikian surat lamaran ini saya buat sebenar-benarnya, atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu saya ucapkan banyak terimakasih.

    Hormat Saya,


    Indah Pertiwi

    Contoh Surat Lamaran Kerja Guru Sekolah Swasta

    Lampung, 01 Januari 2020

    Kepada Yth.
    Kepala Sekolah SMK Yayasan Bhakti
    Jl. Muara Kapuas No. 32
    di Tempat

    Dengan hormat,

    Berdasarkan iklan di Koran Suara Jabar pada hari Kamis tanggal 17 April 2018 yang menyebutkan bahwa SMK Yayasan Bhakti membutuhkan tenaga guru bidang studi Fisika, maka dengan ini saya :

    Nama : Ahmad Sanjaya
    Tempat/Tgl Lahir : Singaraja/20/09/1994
    Alamat : Jl.Perjuangan No. 123 Singaraja
    Pendidikan Terakhir : S – 1 Ilmu Fisika
    Bermaksud melamar untuk menjadi guru bidang studi Fisika di SMK Yayasan Bhakti.

    Pengalaman kerja yang saya miliki sebelumnya adalah sebagai tenaga pengajar di lembaga bimbingan belajar Mantap di Yogyakarta serta pernah selama 2 tahun mengajar di Madrasah Aliyah Negri Patas untuk mata pelajaran Fisika.

    Sebagai bahan pertimbangan, bersama surat ini saya lampirkan :

    Ijasah dan transkip nilai terakhir
    Daftar riwayat hidup
    Foto copy KTP
    Foto copy Surat Pengalaman Kerja
    Pas foto terbaru ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar
    Besar harapan saya untuk bisa bergabung di SMK Yayasan Bhakti sebagai guru bidang studi Fisika.

    Demikian surat lamaran ini saya buat, atas perhatian dari Bapak Kepala Sekolah SMK 1 Lampung, saya ucapkan banyak terima kasih.

    Hormat Saya,

    Anton Sanjaya

    Contoh Surat Lamaran Kerja Guru Umum

    Lampung, 01 Januari 2020

    Perihal : Lamaran pekerjaan

    Yth Kepala SMA Negeri 1 Lampung
    Di Tempat

    Dengan hormat,

    Dengan ini saya membuat permohonan lamaran pekerjaan untuk menjadi guru honor di sekolah yang Bapak/Ibu pimpin, adapun data pribadi saya sebagai berikut :

    Nama : Budi Waseso
    Tempat/Tgl Lahir : Yogyakarta/20/09/1994
    Jenis Kelamin : Laki – Laki
    Agama : Islam
    Pendidikan Terakhir : S-1 Pendidikan Guru
    Alamat : Jl. Perjuangan No. 123 Yogyakarta
    Telp : 081234567890
    Berdasarkan keterangan di atas, saya bermaksud melamar pekerjaan untuk menjadi guru honorer di sekolah yang Bapak/Ibu pimpin sekarang ini.

    Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan :

    Photo copy ijazah terakhir sebanyak 1 lembar
    Photo copy transkip nilai sebanyak 1 lembar
    Photo copy kartu tanda pencari kerja 1 lembar
    Photo copy KTP sebanyak 1 lembar
    Pas Foto ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar
    Demikian surat lamaran ini saya buat sebenar-benarnya, atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu saya ucapkan banyak terimakasih.

    Hormat Saya,


    Budi Waseso

    Contoh Surat Lamaran Kerja Guru Bimbel

    Lampung, 01 Januari 2020

    Perihal : Lamaran Kerja Guru Bimbel

    Yang terhormat,
    Kepala Bimbel Nurul Fikri
    Jalan Pangeran Samudera No. 123
    di-
    Tempat

    Dengan hormat,

    Sehubungan dengan adanya informasi tentang lowongan pekerjaan sebagai tenaga pengajar di Bimbel Insan Kamil Banjarmasin seperti yang dimuat di harian Banda Aceh Post tanggal 17 April 2018. Maka dengan ini saya yang bertanda tangan di bawah ini mengajukan permohonan untuk mengisi posisi sebagai tenaga pengajar untuk bidang studi Fisika.

    Berikut adalah identitas diri saya secara singkat :

    Nama : Intan Permatasari
    Tempat/Tgl Lahir : Banda Aceh/20/09/1994
    Alamat : Jl. Perjuangan No. 123 Banda Aceh
    Pendidikan Terakhir : S – 1 Pendidikan Fisika
    Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, berikut ini saya lampirkan :

    Fotocopy ijazah S1 1 lembar
    Fotocopy transkrip nilai 1 lembar
    Fotocopy KTP 1 lembar
    Daftar riwayat hidup 1 lembar
    Pas foto terbaru ukuran 3×4 2 lembar

    Demikian surat permohonan lamaran kerja ini saya buat, besar harapan saya agar kiranya Bapak/Ibu dapat menerima saya sebagai salah satu tenaga pengajar di Bimbel Insan Kamil. Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan Bapak/Ibu, saya mengucapkan banyak terima kasih.

    Hormat Saya,


    Intan Permatasari

    Contoh Surat Lamaran Kerja Dosen

    Lampung, 01 Januari 2020

    Kepada Yth:
    REKTOR UNIVESITAS SUMATERA
    Jln. Abdul Hakim No. 1, Lampung

    Perihal : Lamaran kerja

    Dengan Hormat

    Berdasarkan informasi dari media cetak, tentang adanya lowongan pekerjaan sebagai Dosen Mata Kuliah Bahasa Inggris di Universitas Sumatera Utara. Maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

    Nama         : Anang Hermansyah, S.Pd., M.Pd
    Tempat, Tgl. Lahir         : Medan, 11 Juli 1988
    Jenis Kelamin            : Laki-laki
    Pendidikan terakhir         : S2 UI dengan gelar M.Pd
    Alamat                      : Jln. Dr. T Mansur No. 56, Padang Bulan, Kota Medan
    Telepon                      : 0812 6578 345
    bermaksud mengajukan diri untuk bergabung dalam pekerjaan sebagai dosen di Universitas yang Bapak/Ibu pimpin, untuk mengajar Mata Kuliah Bahasa Inggris yang dibutuhkan saat ini.
    Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa dokumen yang saya miliki:

    1. Daftar Riwayat Hidup;
    2. Fotokopi Ijazah S2 Bahasa Inggris dan Transkrip Nilai yang telah dilegalisir;
    3. Fotokopi Ijazah S1 Bahasa Inggris dan Transkrip Nilai yang telah dilegalisir;
    4. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK);
    5. Foto Copy Surat Tanda Penduduk (KTP);
    6. Fotokopi Kartu Pencari Kerja dari Dinas Tenaga Kerja;
    7. Fotokopi Surat Rekomendasi Dosen;
    8. Fotokopi Surat Pengalaman Kerja;
    9. Fotokopi Sertifkat Kursus-kursus dan Seminar-seminar;
    10. Pas Foto berwarna 3×4 (5 lembar) 4×6 cm (5 lembar).

    Demikian surat lamaran kerja ini saya buat. Atas perhatian dan pertimbangannya, saya ucapkan terima kasih.

    Hormat Saya,

    Anang Hermansyah, S.Pd., M.Pd

    Demikian contoh surat lamaran kerja guru yang baik dan benar. semoga apa yang kami bagikan pada kesempatan ini dapat memberikan manfaat untuk anda yang hendak melamar pekerjaan sebagai guru, dan doa kami semoga anda lekas mendapatkan pekerjaan dan menjdi seorang guru profesional. AMINNN.


  • Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Saungsurat


    0 comments:

    Posting Komentar