√ Contoh Surat Resmi Niaga (Penawaran Barang) Terbaru 2020

Saungsurat - Contoh Surat Resmi Niaga Terbaru 2020. Hari ini kami akan memberikan refrensi dalam membuat surat niaga penawaran barang yang baik dan benar. tujuan dari pembuatan surat penawaran adalah untuk menawarkan suatu produk kepada pihak lain, yang dimana dalam surat niaga tersebut menjelaskan spesifikasi suatu produk dan rincian harganya.

Dengan adanya surat niaga maka konsumen akan mengetahui atau mengerti tentang suatu produk dan juga harga sehingga akan tertarik untuk membeli atau bekerjasama. dalam membuat surat penawaran barang/jasa/niaga bukan hanya tentang tulisan berisi penawaran belakang, namun ada tata caranya karena surat niaga adalah jenis surat resmi yang punya aturan baku.

Contoh Surat Resmi Niaga

Dan berikut adalah Contoh Surat Niaga Penawaran Barang yang bisa anda jadikan sebuah refrensi dalam membuat surat penawaran. surat niaga resmi ini kami dapatkan dari beberapa website terkemuka/terkenal di bidangnya.

Contoh Surat Resmi Niaga Penawaran Barang


Contoh 1
PT. Jaya Sentosa

Jl. Pangeran Diponegoro No. 26
Lampung

Lampung, 01 Januari 2020

Nomer : 11/12/XII/2019
Hal      : Penawaran Barang
Lamp  : 1 lembar brosur AP/DG

Kepada
Manager PT Surya Abadi
Jl. Pattimura No. 2, Bandung

Dengan hormat,

Berdasarkan pengamatan kami, perusahaan Saudara saat ini semakin berkembang dan tentunya semakin maju beberapa tahun terakhir ini. Dengan perkembangan tersebut maka harus didukung dengan peralatan kantor yang mencukupi dan memadai sesuai dengan masa kini.

Dalam kesempatan ini, perusahaan kami bersedia untuk menawarkan beberapa produk alat kantor yang menjadi unggulan di perusahaan kami. Bersama surat ini kami lampirkan 1 lembar brosur sebagai bahan pertimbangan Saudara. Jika Anda menggunakan produk kantor unggulan yang diproduksi oleh perusahaan kami, kami yakin pegawai Anda dapat bekerja secara efisien dan efektif sehingga akan meningkatkan prospek dari perusahaan.

Kami juga menawarkan promo spesial untuk perusahaan Saudara yaitu berupa pemberian diskon sebesar 10 % jika Saudara membeli produk kami sebelum tanggal 20 Juli 2019. Garansi yang kami berikan adalah selama 2 tahun dari setiap produknya. Pembayaran bisa dilakukan dengan membayar uang muka hanya sebesar 40 % dari harga total dan cicilannya dapat di angsur sebanyak 3 kali setelah barang sampai di tempat Anda.

Besar harapan kami untuk menerima pesanan dari Saudara. Kami yakin jika Saudara memakai produk yang kami tawarkan, akan memberikan keuntungan untuk kedua belah pihak. Atas perhatian dan kerjasama kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

PT. Jaya Sentosa,

Contoh 2
PT ALEX SENTOSA JAYA
Ruko Mendrisio, Jl. Mendrisio No. 18
Gading Serpong, Tangerang
________________________________________________

Lampung, 01 Januari 2020

Nomor : 100/06/VI/2019
Hal : Penawaran Barang
Lamp : 1 lembar brosur AP/DG

Kepada
Manager PT Haniel Corp
Jl. Sisingamangaraja No. 14
Pematang Siantar

Dengan hormat,

Melalui surat ini, perkenalkan kami dari Perusahaan PT. Alex Sentosa Jaya yang bergerak di bidang distributor peralatan dan perlengkapan komputer.

Berdasarkan informasi yang kami peroleh, PT. Haniel Corp merupakan perusahaan property yang sedang berkembang pesat di Siantar dan akan membukan beberapa unit pemasaran di Sumatera Utara.

Sehubungan dengan itu, kami ingin menawarkan beberapa produk alat dan perlengkapan computer terbaik untuk mendukung operasional PT. Haniel Corp. Kami melampirkan daftar produk computer dan daftar harganya pada lampiran surat penawaran ini.

Jika perusahaan Bapak membutuhkan produk dan layanan kami, mohon untuk menghubungi kami di nomor 0622.7773362. Kami dengan senang hati akan membantu mengantarkan produk-produk yang dibutuhkan serta melakukan instalasi. Selain itu, kami juga menawarkan harga khusus jika perusahaan Bapak melakukan pembelia lebih dari 5 produk.

Besar harapan kami dapat menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan perusahaan Bapak. Jika dibutuhkan, kami siap datang untuk memberikan presentasi lebih lanjut.

Atas perhatian dan kerjasama Bapak kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
PT Alex Sentosa Jaya

Joko Sampurno
Marketing manager

Bagian Surat Resmi

Perbedaan surat resmi dengan surat tidak resmi terletak pada tata penulisan dan bahasanya. Selain itu. surat resmi bentuknya lebih berstruktur dan ada ketentuan ketentuan dalam cara penulisannya nanti bisa lihat contoh surat resmi agar lebih paham.

Bagian surat adalah komponen yang harus dipenuhi di dalam pembuatan surat resmi. Nah, berikut ini ada bagian-bagian surat resmi yang harus di ketahui sebelum anda membuat surat tersebut sebagai berikut.

1. Kepala Surat Atau Kop Surat

Kop surat merupakan identitas pertama yang dilihat oleh penerima surat. Adanya pemberian kop surat ini bertujuan tertentu. Untuk surat resmi perusahaan bisa di tambahkan macam usaha, nomor izin usaha, bidang kegiatan. Adapun fungsi Kepala surat adalah:

  . Sebagai media promosi.
  . Untuk mengetahui alamat dan nama  instansi.
  . Untuk memberikan informasi tentang jenis kegiatan dan/atau bidang usaha.

2. Nomor Surat

Nomor surat berisi nomor urut, bulan, dan tahun pembuatan/pengeluaran surat. Letak nomor surat biasanya di bawah  kop surat di sebelah kiri. Nomor surat pada surat resmi ini memiliki fungsi antara lain:

  . Untuk memudahkan pencarian kalau surat dibutuhkan.
  . Untuk memudahkan penyimpanan administratif.
  . Membantu dalam pengelompokan surat sesuai dengan jenis isi surat tersebut.
  . Untuk memudahkan pengontrolan frekuensi pengiriman surat.

Adapun pada saat pembuatan nomor surat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu:

  . Bulan dan tahun pembuatan surat
  . Kode tujuan surat, contoh UR (Undangan Rapat)
  . Kode kedudukan surat, contoh KEI = Surat Keluar
  . Nomor surat yang dikeluarkan harus sesuai dengan urutan surat, dihitung mulai nomor akhir pembuatan surat.

Contoh:

Nomor : 017/UR/II2019

017      : Menunjukkan surat ke -17

SPK      : Undangan Rapat

II          : Dibuat pada bulan ke-3 (Maret)

2018     : Dibuat pada tahun 201

Untuk Lampiran disertakan kalau ada, tetapi kalau tidak ada cukup diberi tanda (-).

3. Tanggal Penulisan Surat

Adapun tujuan dari penulisan tanggal pada surat resmi yaitu agar penerima bisa mengetahui kapan surat tersebut di buat. Dengan adanya tanggal penulisan, maka akan diketahui masa berlakunya surat tersebut. Oleh karena itu, tanggal penulisan surat adalah komponen yang sangat penting dalam penulisan surat resmi.

4. Lampiran

Lampiran merupakan dokumen yang ikut dilampirkan dalam pembuatan surat resmi oleh suatu instansi maupun perseorangan. Untuk lampiran dalam surat resmi berfungsi untuk menunjukkan jika ada dokumen penting sebagai penunjang surat tersebut. Contoh:

No        : –

Lamp    : 3 Lembar

Perihal  : –

Hal ini menunjukkan jika surat itu menyertakan 3 lembar dokumen di dalam surat tersebut.

5. Perihal

Perihal dalam surat resmi 2020 merupakan hal pokok yang merupakan tujuan utama dalam surat tersebut. Fungsi dari komponen ini adalah untuk menunjukkan kepada penerima tentang pokok isi surat. Dengan demikian penerima dapat segera mengetahui tujuan pengirim mengirimkan surat resmi tersebut.

6. Alamat Tujuan

Hal terpenting di dalam dalam sebuah surat adalah kepada siapa surat itu ditujukan. Oleh sebab itu alamat surat menjadi hal jangan sampai salah kata atau salah tujuan. Penulisan alamat dilakukan sebanyak dua kali, yang pertama pada amplop surat dan yang kedua pada isi surat itu sendiri. Berikut hal yang harus diperhatikan dalam penulisan alamat dalam surat resmi :

  . Pemakaian kata “Kepada” tidak usah di tulis, karena mengandung kemubadziran kata.
  . Penulisan “Yang terhormat” atau yang lebih sering disingkat “Yth” berfungsi untuk memberikan penghormatan kepada penerima surat seperti atasan atau relasi kerja.
  . Sebutan “Bapak”, “Ibu”, atau “Sdr” hanya berlaku pada nama orang dan tidak digunakan pada nama instansi ataupun jabatan tertentu.
  . Pemakaian titik hanya dipakai sesudah singkatan tidak perlu disetiap akhir baris.
  . Kode pos sebaiknya di tulis, sebab akan membantu petugas pos di dalam mengirimkan surat itu (Terutama jika dikirimkan melalui
Perum Pos dan Giro).

Contoh:

Yth. Manager PT. Pertamina Persero

Jalan Gunung Merapi

Kota Dumai

Yth. Bapak Robby Alvian S.T

Jalan Raya Pekan – Jakarta KM 2

Kota Jakarta

7. Salam Pembuka

Salam pembuka juga merupakan komponen penting dalam sebuah surat resmi. Hal ini dikarenakan salam pembuka berfungsi sebagai pembuka sebelum sampai ke inti atau pokok isi surat. Contoh kata kata salam pembuka seperti Assalamualaikum, Dengan Hormat, Salam Sejahtera dan lain sebagainya.

8. Isi Surat

Isi surat adalah komponen utama dari sebuah surat, dimana pokok-pokok atau inti yang sedang dibahas tertuang di dalam isi surat. Di dalam sebuah surat terdapat bagian-bagian seperti karangan yang lainnya, yaitu bagian pembuka, bagian inti, dan bagian penutup. Nah berikut ini beberapa ulasannya.

  . Pembuka. Di dalam isi surat, tujuan dari bagian pembuka ini adalah sebagai pengantar untuk pembaca sebelum mengetahui inti surat. Di dalam pembuka juga berisi inti masalah yang akan disampaikan kepada penerima surat.

  . Inti. Merupakan komponen pokok inti isi surat ada pada sebuah surat. Bagian ini berisi bagian utama yang akan disampaikan kepada pengirim.

  . Penutup . Bagian ini berisi tentang penegasan, simpulan, ucapan terima kasih. Dengan demikian, bagian penutup menandai jika uraian pokok yang akan disampaikan melalui surat sudah berakhir. Penulisan penutup pada surat resmi sebaiknya singkat namun tegas.

9. Salam Penutup

Salam penutup berisi kata-kata penutup yang umumnya digunakan untuk menambahkan kesantunan di dalam berkomunikasi. Meskipun salam penutup ini baik jika digunakan dalam sebuah surat, namun bukan berarti semua surat wajib menggunakan salam penutup. Salam penutup hanya digunakan dalam surat resmi yang contohnya seperti pada surat-surat berita.

10. Tanda Tangan dan Nama Penanggung Jawab

Pasti anda pernah membubuhkan tanda tangan di dalam surat atau keterangan tertentu, seperti absensi ataupun yang lainnya. Begitupun halnya dalam surat resmi yang dimana salah satu komponen yang disertakan yaitu nama penanggung jawab dan tanda tangan.

Nama penanggung jawab adalah penanda jika nama tersebut yang bertanggung jawab dan dikuatkan dengan tanda tangan. Penanda tangan dalam surat harus sesuai dengan nama orang yang tercantum pada surat tersebut. 

11. Tembusan:

Tembusan digunakan ketika jika terdapat pihak yang di anggap perlu mengetahui isi surat itu.

Baca Juga Yang Lainnya :
  - Contoh Surat Kuasa Resmi
  - Contoh Surat Resmi Lamaran Kerja
  - Surat Pemberitahuan Acara



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Saungsurat


0 comments:

Posting Komentar